Cara Install BBM pada PC/ Laptop Menggunakan Genymotion

Berikut secara singkat petunjuk untuk menginstall aplikasi BBM pada laptop/ PC tanpa menggunakan Gadget. Tidak dipungkiri sekarang BBM ini menjadi salah satu standart yang cukup efisien untuk berkomunikasi yang lagi trand dalam perkembangan tekonologi dan informasi. Dengan kondisi sekarang yang BBM sudah mulai di open khususnya untuk OS Android dan IOS pada tahun 2013, memungkinkan untuk bisa diakses hanya dengan cukup koneksi Internet, seperti kita ketahui bahwa sebelumnya untuk menggunakan layanan ini khusunya di Indonesia harus menggunakan metode paket BBM yang disediakan oleh para provider yang ada. Secara singkat seperti pada umumnya dan kita kenal bahwa OS Android memungkinkan untuk bisa dijalankan tanpa harus lewat Gadget, yang dimana OS ini merupakan OS yang semakin trend pada perjalannya. OS yang berbasis UNIX turunan daripada Linux ini mampu menembus pasaran global dan mulai banyak digunakan karena flexibelitas dan Open Source.



Sudah banyak yang beredar bahwa khususnya didunia maya memberikan/ berbagi informasi tentang tatacara penginstalan terutama aplikasi Android pada Laptop/ PC, terutama untuk yang aplikasi BBM akan dipapar ulang versi kami, dengan melewati beberapa tahapan sebagai berikut:

  1. Download dulu program emulator Android, dalam hal ini kami membahas dan menggunakan program pada Genymotion. Anda bisa memulai mendaftar/login dan download pada link berikut https://cloud.genymotion.com/page/launchpad/download/ dan untuk tutorial/petunjuk dan dukungan pada alamat berikut https://cloud.genymotion.com/page/support . Pilih sesuai dengan OS yang anda gunakan sekarang ini.
  2. Pada Genymotion ada beberapa pilihan dan program ini membutuhkan program pendukung lainnya yaitu virtualbox untuk menjalankan program ini.
  3. Setelah selesai download and bisa langsung menginstall program tersebut. Untuk program OS Windows Anda bisa langsung pada proses penginstallan yang mungkin bisa dianggap mudah seperti penginstallan program lainnya. Dan untuk penginstallan pada OS Linux (ubuntu) Anda bisa mendownload Virtualbox terlebih dahulu di https://www.virtualbox.org/wiki/Downloads dan untuk menginstall Genymotion pada Linux (ubuntu) lewat terminal dengan tahapan ketik pada terminal: chmod +x genymotion-1.1.0_x64.bin dan berikutnya ketik: ./genymotion-1.1.0_x64.bin
  4. Setelah semua selesai pada tahap penginstallan program tersebut, jalankan program tersebut pada Laptop/ PC Anda. (note: kondisi Laptop/ PC harus terhubung dengan koneksi internet).
  5. Ketika program ini dijalankan maka akan muncul gambar seperti yang ada dibawah ini:
  6. Gambar diatas sudah terdapat Virtual Devices, biasanya bila belum terdapat Virtual Dives Anda terlebih dahulu mendownloadnya dengan cara klik tombol Add pilih Virtual Divices sesuai keinginan Anda. Dalam hal ini kami memilih untuk Galaxy Nexus 4.3 API 18 - 720X1280. Tunggu sampai proses download selesai.
  7. Setelah setelah selesai untuk memulainya Anda tinggal klik Play, biasanya Anda akan diminta untuk login dan setting beberapa pengaturan terkait dengan SDK Android seperti pada gambar dibawah ini:
     
  8. Kalau belum download SDK Android Anda bisa mendownload di https://developer.android.com/sdk/index.html sesuai dengan OS yang Anda gunakan sekarang ini.
  9. Apabila semua semua sudah selesai download SDK Android dan pengaturannya, Anda bisa memulai untuk menjalankan Program Genymotion tersebut dengan klik Play.
  10. Untuk memulai install aplikasi BBM Anda juga perlu mendownload aplikasi BBM di www51.zippyshare.com/v/42988551/file.html
  11. Sebelum Anda menginstall aplikasi BBM tersebut, dari beberapa kasus yang ada dan pada umumnya selalu mengalami kegagalan dikarenakan tidak terdeteksi sebagai Divices. Untuk mengatasi hal tersebut terlebih dahulu download beberapa komponen berikut. Ada 2 komponen pendukung yaitu gapps-jb-20130812-signed dan Genymotion-ARM-Translation_v1.1
  12. Untuk proses installasi pada komponen pada point diatas cukup menggeser file hasil download tersebut ke layar Genymotion yang sedang berjalan. Setelah semua selesai installasi tersebut, disarankan Anda merestart aplikasi tersebut, dan setelah itu restart Laptop/ PC Anda.
  13. Sebalum booting pada Laptop/ PC Anda, masuk terlebih dahulu pada bios Anda untuk mengaktifkan (enable) Virtual Engine pada pengaturan biosnya.
  14. Setelah selesai semua tahap tersebut jalankan lagi, dan memulai untuk penginstallan Aplikasi BBM yang sudah di download sebelumnya. Dan apabila tidak mengalami kegagalan pada proses installasi Anda bisa menjalankan BBM tersebut.
  15. Biasanya ketika menjalankan Aplikasi BBM tersebut Anda akan menemui dua opsi/ pilihan, yaitu membuat ID BBM atau Sign in pada ID yang sudah Ada. Pilih salah satu dari dua pilihan tersebut. Proses pembuatan ID BBM baru menggunakan Alamat email Anda berikut setting password ID Anda pada proses pendaftaran tersebut.
  16. Berikut tampilan ketika semua selesai pada tahap final.

0 comments:

Post a Comment

 
facebook.png twitter.png googleplus.png rss.png